Fasilitas

  1. Kondisi fisik

Mengenai kondisi fisik, penulis menitikberatkan pada gedung ruang belajar, bengkel, alat-alat yang ada, saran perpustakaan, ruang guru, tempat parkir, kantin, kamar kecil, dan sarana lainnya. Hal tersebut diamati dan dianalisa bahwa lingkungan fisik merupakan fakor yang memegang peran penting dalam menunjang kelancaran dan kenyamanan dalam proses belajar mengajar.

  1. Organisasi ruang dan halaman sekolah

Tata ruang dan halaman sekolah juga berperan dalam manunjang kelancaran dan kenyamanan proses belajar mengajar dalam ruangan maupun luar ruangan. Pengorganisasian ruang dan pengelolaan yang baik akan membantu guru maupun siswa dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang baik dan nyaman.

Pembagian rumpun beserta kantornya dipisah-pisah menurut jurusan masing-masing bertujuan untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan terjaga khususnya pada bengkel, serta menjaga konsentrasi proses pembelajaran yang berlangsung. Setiap setelah selesai praktik siswa juga mempunyai kewajiban untuk membersihkan ruang yang dipakai tersebut.

  1. Jenis dan jumlah ruang

Jenis dan jumlah ruang yang ada di SMK Negeri 2 Karanganyar, antara lain adalah sebagai berikut:

Jumlah ruangan di SMK N 2 Karanganyar

No Nama Ruang Jumlah Ket
1 R. Kepala Sekolah 1
2 R. Wakasek 4
3 R. Guru 5
4 R. Guru jaga / Piket 1
5 R. Administrasi 1
6 R. Teori 28
7 R. Gambar Manual 1
8 R. Komputer 1
9 Bengkel Mesin 1
10 Bengkel Tekstil 1
11 Bengkel Ototronik 1
12 Bengkel RPL 1
13 Laboratorium Fisika 1
14 Laboratorium Kimia 1
15 Laboratorium Bahasa 1
16 R. Bimbingan penyuluhan 1
17 R. OSIS 1
18 Perpustakaan 1
19 R. Pertemuan 1
20 UKS 1
21 R. BKK 1
22 Masjid 1
23 Lapangan Tenis/Basket 1
24 Koperasi Siswa 2
25 Kantin 2
26 Ruang Olah Sampah 1
27 Lapangan Upacara 1
28 Gudang/Logistik 1
29 Parkir Guru/Karyawan 1
30 Parkir Siswa 1
31 KM Siswa 8
32 Pos penjaga 1

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


1 × three =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>